Selasa, 13 Juli 2010

Hidup Sehat Di Tengah Globalisasi Influenza


Hidup Sehat Di Tengah Globalisasi Influenza

Munculnya virus influenza akhir-akhir ini sangatlah meresahkan masyarakat. Virus H1N1 terutama yang baru muncul dikalangan masyarakat. Menurut WHO virus yang kemudian yang disebut H1N1 adalah virus yang benar-benar baru. Bahkan tidak pernah ada catatan tentang virus ini menjangkiti tubuh manusia sebelum ini virus ini juga diketahui menular kesesama manusia dengan sangat mudah.
Banyak factor yang menyebabkan penyebaran virus ini begitu cepat dan membentuk pandemic. Factor-faktor iyu antara lain, tingkat kecepataan penyebaran virus, kedekatan wilayah Negara, maupun muslim. Biasanya virus lebih mudah menyebar pada waktu musim dingin disbanding musim panas. Kemudahan transportasi juga turut menyumbang cepat berkembangnya virus keseluruh dunia. Transportasi udara menyebabkan penyebaran lebih cepat terjadi.
Salah satu factor utama yang dapat menghambat penyebaran penyakit influenza akibat virus H1N1 ini adalah dengan berperilaku hidup sehat. Artinya, penyakit ini dapat dihindari sejak dini jika masyarakat menerapkan perilaku hidup sehat ini setiap saat.
Adapun langkah-langkah pencegahan flu baru H1N1 adalah :
1.      Cuci tangan dengan air bersih dan sabun sesering mungkin
2.      Bila bersin atau batuk, tutup hidung dan mulut dengan tisu dan buang tisu ditempat sampah atau gunakan masker.
3.      Jaga jarak dengan orang lain, terutama jika sakit flu
4.      Bila mengalami gejala flu, segera ke dokter dll.
5.      Tinggal di rumah dan beristirahat apabila menderita flu
6.      Lakukan hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar